Gunung Rinjani

Gunung Rinjani
Salam lestari sobat alam sekalian... di sini saya akan menggulas Gunung yang memiliki kentinggian 3.726 mdpl. sapa sih yang tidak tau gunung berapi tertinggi ke 2 di indonesia. ya itu adalah Gunung Rinjani, Gunung yang berlokasi di pulau lombok, Nusa Tenggara Barat. gunung rinjani adalah bagian dari Taman nasional Gunung Rinjani, gunung yang sangat indah akan pemandangannya.

Secara stratigrafis, Gunung Rinjani dialasi oleh batuan sedimen klastik neogen (termasuk batu gamping), dan setempat oleh batuan gunungaoi oligo-miosen.

Menurut informasi yang diperoleh dari Dinas Pertambangan dan Energi Propinsi Nusa Tenggara barat, dimasa lampau Gunung Rinjani diperkirakan mencapai ketinggian ± 5.000 m diatas permukaan laut dengan letak sebelah barat Gunung Rinjani Kini pada jaman Praquarter (>1,8 Juta Tahun yang lalu) daerah Rinjani merupakan endapan batuan sedimen, yang selanjutnya pada masa Plistosen (<1,8 Juta Tahun yang lalu)   terjadi aktifitas vulkanik, sebagai akibat berlangsungnya gejala tektonik vulkanik, dapat menerobos keluar sampai permukaan berupa kegiatan letusan atau lelehan lava.
Pada masa fase penghancuran gunung api  Gunung Rinjani telah membentuk suatu kaldera yang sebagian besar terisi air dan membentuk danau yang dinamakan  Danau Segara Anak (± 2.010 m dpl) yang mempunyai kedalaman ±  230 meter, berbentuk bulan sabit dengan luasan sekitar 1.100 Ha. Akibat tektonik vulkanik yang terus menerus di tengah-tengah kaldera muncul kerucut baru gunung api yang dinamakan Gunung Baru Jari (± 2.376 m dpl).
Sejarah letusan Gunung Rinjani dimulai sejak tahun 1847 sampai tahun 2004, telah sembilan kali meletus yang berkisar di bagian dalam kaldera, sedangkan kawah Gunung Rinjani sendiri belum pernah tercatat letusan.

Jalur pendakian ke gunung rinjani ada 3 jalur yaitu jalur Senaru , Jalur Sembalun, Jalur Torean, disini saya akan memberitahu anda rute-rute yang di lalui.


  1. Jalur Senaru.
Jalur Senaru merupakan jalur pendakian yang paling ramai. di karenakan jalur ini di gunakan jalur wisata treking dan jugak kerap di gunakan oleh masyarakat adat yang akan melakukan ritual di puncak rinjani...


Ruete pendakian yaitu Senaru > Pelawangan senaru > Danau Segara Anak dengan berjalan kaki memerlukan waktu sekitar 10-13 jam .

pendakian ke puncak umumnya dilakukan pada 2 dinihari, ini dimaksudkan agar pagi hari bisa menikmati Sunrise dari puncak Gunung Rinjani. serta jika cuaca cerah bisa menikmati pemandangan pulau lombok dan bali

     2. Jalur Sembalun.

Jalur Sembalun, jalur yang jigak terhitung ramai dilalui terutama oleh para treking. Rute yang dilalui adalah gerbang sembalun lawang > pelawangan sembalun> puncak rinjani yang memerlukan waktu 9-10jam.

jalur ini sangat mengesankan trail wisata yang anda lalui merupakan padang savana dan punggung gunung yang berliku, dengan jurang kiri dan kanan jalur. Di bandingkan Jalur Senaru jalur ini tidak begitu curam, namau di karnakan melalui padang savana perjalanan anda akan di temani oleh teriknya matahari .

     3. Jalur Torean.


Sepanjang jalur ini, dari Desa Torean menuju kali tiu (batas TNGR) yang merupakan post 1 pendakian dapat di jumpai ladang, padang pengembalaan perkubunan dan merupakan kawasan hutan Produksi.

Jarak dari pos 2 torean menuju ke Plawangan torean kurang lebih 3,50 Km. Sepanjang kita akan berada dalam apitan 2 buah gunung dan kita jugak dapat menikmati aliran sungai.

0 Response to "Gunung Rinjani"

Posting Komentar