4 hal yang di lakukan saat tersesat di hutan

Alam Bebas
ketika kita tersesat di alam bebas seharusnya kita tetap tenang dan jangan panik karena jika kita panik kita bisa semakin tersesat dan bisa juga tidak selamat. jadi jika kita tersesat hal yang harus kita lakukan adalah STOP. STOP adalah sebuah singkatan dari Sitdown (Duduk) Thinking (Berfikir) Observation (Observasi/meneliti) Planning (Perencanaan). ya 4 hal itu yang harus kita lakukan agar kita bisa selamat saat kita tersesat di alam bebas.

1. Duduk
Jika kita telah menyadari bawa kita tersasat jangan lah panik karena jika kita panik kita itu akan membahayakan diri kita sendiri. Hal yang pertama kita lakukan adalah berhenti dan duduk terlebih dahulu agar kita tidak terlalu lelah.

2. Berfikir
Sambil kita duduk dan menghilangkan rasa lelah kita memikirkan apa yang membuat kita tersesat dan kejadian-jadian apa saja yang membuat kita bisa tersesat di alam bebas itu. Di tahap ini kita membutuhkan keadaan yang tenang agar kita bisa berfikir jernih dan positif.
3. Observasi
Observasi adalah melihat suatu keadaan, jika kita tersesat kita harus melakukan observasi terhadap keadaan diri kita. Hal-hal yang penting untuk di observasi adalah keadaan kita, makanan, lampu penerang (Senter) jika dalam keadaan malam, minuman, cuaca, daerah di mana kita diam. Hal-hal itu sangat penting di telitih agar kita bisa aman dalam keadaan apapun.

4. Perencanaan
pada tahap perencanaan ini kita harus bisa merencanakan sesuatu yang sangat penting untuk keselamatan kita. Di tahap ini kita harus gabungkan dengan waktu kita melakukan observasi. Kita harus mengerti apa langkah selanjutnya yang kita tempuh untuk keselamatan kita, apa kita hanya berdiam diri untuk menunggu bantuan dari team SAR. Apa kita melanjutkan perjalanan untuk mencari pertolongan, atau kita memberi tanda-tanda kepada team SAR agar tau di daerah mana kita berada.

Semonga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya dan selalu ingat jaga lah lingkungan kita agar tetap bersih dan indah. Salam lestari dari Komunitas IGUANA PANDAAN untuk kalian semua.

0 Response to "4 hal yang di lakukan saat tersesat di hutan"

Posting Komentar